Title
Peringatan Dasawarsa Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) Cetak Email
Ditulis oleh Malini Art Studio   
Sabtu, 08 Maret 2014 20:44

Taliasih para pemangku kepentingan selama 10 tahun Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI)
Kepala BPIPI Ibu E. Ratna Utarianingrum (paling kiri), Bupati Sidoarjo Bapak Saefulilah (kelima dari kiri), Dirjen IKM, Kemenperin Ibu Euis Saedah (ketujuh dari kiri), Bapak Ali Masud (kesembilan dari kiri),Sekjen Aprisindo Bapak Binsar Marpaung, SH,MH (sepuluh dari kiri) dan Ketua Aprisindo Jawa Timur Bapak Sutan R.P. Siregar (paling kanan)


Bapak  Bupati Sidoarjo Bapak Saifulilah beserta Ibu Dirjen IKM Ibu Euis Saedah didampingi Ibu E. Ratna  Utarianingrum  sedang  melihat  barang - barang  yang dipamerkan dalam bazaar Dasawarsa

Dalam rangkaian acara Kegiatan 1 Dasawarsa Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia 2003-2013, yang akan digelar pada tanggal 16-17 November 2013 di Tanggulangin Sidoarjo, BPIPI akan menggelar sejumlah kegiatan sebagai bagian pengembangan industri kreatif yang didukung dan melibatkan komunitas sentra IKM Tas & Koper Tanggulangin dan IKM binaan potensial Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) Sidoarjo.

Dengan Tagline Inovasi Untuk Kemajuan Negeri, dalam event 1 Dasawarsa BPIPI ini ingin mengangkat 2 isu utama yang akan diangkat sebagai tema besar kegiatan yaitu, Tantangan menghadapai MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan Alas Kaki sebagai Industri Kreatif.

MEA menjadi sebuah realita yang harus dihadapi oleh sektor industri alas kaki, keterbukaan pasar tenaga kerja ditengah gap kebutuhan pasar tenaga kerja industri yang terjadi saat ini. Pasar tenaga kerja  saat ini belum mampu menjawab seluruh kebutuhan tenaga kerja industri alas kaki dan pendukungnya. Tahun 2015, saat MEA resmi terbuka, pasar tenaga kerja negara anggota ASEAN juga bebas masuk ke Indonesia, termasuk ke sektor alas kaki. Tantangan sekaligus peluang bagi stakeholders industri domestik alas kaki untuk menyiapkan tenaga kerja handal dan profesional untuk mengisi sekaligus mendominasi pasar tenaga kerja domestik.

Dalam event 1 Dasawarsa ini, isu ini akan diangkat secara khusus pada Talk Show yang menghadirkan para stakeholders diantaranya Koperasi INTAKO sebagai representatif sentra IKM dan Kemitraan,  Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) yang dalam hal ini diwakili oleh Sekjen Aprisindo Bapak Binsar Marpaung, SH, MH sebagai representatif industri alas kaki menengah besar dan profesional sekaligus praktisi ekonomi dan industri kreatif.

Ekonomi nasional saat ini banyak didorong oleh kontribusi Industri kreatif. Industri yang banyak melibatkan generasi muda dan kreatif ini harus lebih diangkat dalam berbagai forum untuk lebih mengenalkan identitas lokal yang punya banyak potensi. Alas Kaki sebagai bagian penting fashion creative ingin mengambil peran lebih dominan dalam dinamika industri. Dalam Bazaar Alas Kaki dan Tas yang merupakan rangkaian kegiatan 1 Dasawarsa, mencoba ingin menampilkan produk IKM  dan perusahaan besar binaan BPIPI dan komunitas sentra Tanggulangin yang diwakili Koperasi INTAKO serta diramaikan oleh pameran desain alas kaki.

Dalam upaya mengangkat komunitas kreatif dan mensosialisasikan peran dan fungsi BPIPI dalam pengembangan industri alas kaki melalui media kreatif dan fashion, Tanggal 16  17 Nopember 2013, BPIPI akan menyelenggarakan beberapa kegiatan yaitu :
1.    Temu Pelanggan, event gathering ini mengundang lebih dari   30   pelanggan   BPIPI   khususnya   perusahaan  menengah   besar   yang   melakukan  tes  uji  produk di Laboratorium BPIPI. Tanggal  11  Oktober 2013, di Hotel Suncity Sidoarjo.

2.   Talk Show dengan tema : Industri Alas Kaki : Tantangan Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Talk Show ini juga akan mengundang narasumber lain yakni Sekjen Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRISINDO), Ketua Koperasi Tas & Koper (INTAKO) Sidoarjo dan Praktisi ekonomi Bp. Krisnayana Yahya, tanggal 16  Nopember 2013 jam 10.00 sampai selesai.

3.   Bazaar Alas Kaki, Tas Murah dan Kuliner Sidoarjo yang akan diikuti oleh Komunitas Sentra Tanggulangin dan IKM Alas Kaki dan perusahaan besar binaan BPIPI di Sidoarjo, tanggal 16  17 Nopember 2013 di Parkir depan kantor BPIPI. Disediakan 32 stand pameran yang akan diisi produk alas kaki dan produk kulit.

4.   Penyerahan    pemenang    Lomba   Desain   Alas  Kaki Nasional 2013 Tanggal 16 Nopember 2013 di BPIPI. Dengan 4 kategori yang menjadi kriteria, terdapat 12 finalis yang akan menerima penghargaan yang diserahkan oleh Direktur Jenderal IKM Kementerian Perindustrian.

5. Penandatanganan Komitmen Bersama KAMPUS TERAPAN antara BPIPI, ITS Design Center, Pusat Riset Alas Kaki Universitas Ciputra dan Batik Fraktal. Program ini sebagai kick off  BPIPI sebagai pusat aktifitas kreatif alas kaki Nasional.

6.  Pemberian penghargaan 1 Dasawarsa BPIPI kepada para stakeholder yang diserahkan langsung oleh Ibu Direktur Jenderal IKM Kementerian Perindustrian.

7. Dan dimeriahkan acara pendukung yakni Lomba Mewarnai yang melibatkan masyarakat Sidoarjo kurang lebih 300 anak-anak usia dini, khususnya Tanggulangin.