Title
Menperin Membahas Situasi Terkini bersama Para Asosiasi dan Pelaku Industri
Ditulis oleh Aprisindo   
Rabu, 10 Juni 2020 07:45
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dengan para asosiasi dan pelaku industri diantaranya APRISINDO, API, gabungan pengusaha makanan dan minuman, pelaku industri kimia, farmasi,  membahas situasi terkini akibat dampak Covid 19 melalui video conference pada tanggal 31 Maret 2020.
        Pada kesempatan tersebut, industri alas kaki diwakili ketua umum APRISINDO Eddy Widjanarko dan Budiarto Tjandra wakil ketua umun. Pada kesempatan tersebut APRISINDO melaporkan kondisi industri alas kaki akibat dampak Covid-19, diantaranya kebijakan di daerah yang menutup diri seperti di kabupaten Subang, kota Bekasi dan kota Tangerang.
        Sebagai tindak lanjut dari video conference tersebut, Menteri Perindustrian merespon dengan baik yakni dengan diterbitkannya 2 (dua)  surat untuk mendukung aktivitas industri alas kaki anggota APRISINDO, yaitu surat Menteri Perindustrian No. B/321/M-IND/IND/2020 pada tanggal 2 April 2020 tentang pelaksanaan kegiatan industri dalam masa tanggap darurat pandemic Covid-19 yang ditujuan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia.
         Penegasan surat tersebut yakni dalam rangka kelangsungan berusaha dalam hal ini pelaksanaan kegiatan industri yang terkait langsung dengan aspek ekonomi dan sosial maka Gubernur, Bupati atau Walikota diminta kerjasamanya, yaitu ; (Pertama), membantu dan mendukung pelaksanaan kegiatan industri yang berada di wilayah masing-masing dalam masa tanggap darurat pandemic Covid-19;
       (Kedua), tidak melakukan pembatasan aktivitas industri termasuk namun tidak terbatas pada pembatasan gerak karyawan atau jalur distribusi sebelum adanya penetapan status pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) yang telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan;
 (Ketiga), dalam hal telah ada persetujuan Kementerian Kesehatan untuk penetapan status PSBB agar peliburan tempat kerja dilakukan seseleksif mungkin dan tetap diberikan kelonggaran khususnya bagi industri yang menghasilkan produk untuk penanganan Covid-19 dan industri yang menghasilkan kebutuhan pokok masyarakat ; dan
          (Keempat). Mendorong jajaran dibawahnya dalam hal ini Dinas yang bertanggung jawab di bidang industri untuk melakukan pembinaan kepada perusahaan industri agar senantiasa melaksanakan protokol pencegahan Covid -19 di lingkungan kerja.
          Surat Menteri Perindustrian yang satunya yaitu No. B/313/M-IND/IV/2020 tentang dukungan pelaksanaan kegiatan usaha industri di daerah yang ditujukan kepada Menteri Dalam Negeri Rebuplik Indonesia, surat tersebut yaitu agar tidak adanya pembatasan aktivitas kegiatan industri oleh pemerintah daerah beserta jajarannya.
          Dalam diskusi tersebut, Menteri Perindustrian menyampaikan bahwa pemerintah dan pelaku usaha harus bekerjasama bahu membahu dan mengkoordinasikan perkembangan di lapangan dengan instansi dan pemangku kepentingan lainnya. (R)