Title
APRISINDO Usulkan Pemerintah Tidak Hanya Memberikan Fasilitas KLTE Namun Juga Kemudahan Lokal Tujuan Lokal
Ditulis oleh Aprisindo   
Senin, 07 September 2020 03:28
Saat ini pemerintah  telah membebaskan PPN bagi produk impor tujuan ekspor lewat Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Kebijakan tersebut pada gilirannya telah mendorong industri orientasi ekspor menjadi lebih kompetitif.
    Untuk itu Industri tekstil melalui Kementerian Perindustrian meminta agar pemerintah memberikan fasilitas Kemudahan Lokal Tujuan Ekspor (KLTE) untuk mendorong ekspor berbahan baku lokal.  
            Untuk menindak lanjuti hal tersebut Direktorat Tekstil, Kulit dan Alas Kaki Kementerian Perindustrian pada tanggal 12 Juni 2020 mengadakan video conference untuk membahas masalah tersebut, yang diikuti Direktur Industri kulit, teksil dan alas kaki  Elis Masitoh dan asosiasi asosiasi  diantaranya APRISINDO , Asosiasi  Pestekstilan Indonesia, Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia dan para pelaku pelaku industri alas kaki, kulit dan tekstil.  Pada kesempatan tersebut APRISINDO yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum Budiarto Tjandra dan Direktur Eksekutif Firman Bakri serta Ketua APRISINDO Jawa Timur Winyoto.
              Pada kesempatan tersebut Budiarto mengusulkan kepada Kementerian Perindustrian agar fasilitas bisa dikembangkan dari Kemudahan Lokal Tujuan Ekspor menjadi Kemudahan Lokal Tujuan Lokal juga. Sehingga fasilitas tersebut lebih bisa diserap oleh industri alas kaki mengingat saat ini industry alas kaki memerlukan kemudahan tersedianya bahan baku tekstil untuk alas kaki. (R)