Title
Trade Expo Indonesia 2020 Digelar Secara Virtual
Ditulis oleh Aprisindo   
Senin, 21 Desember 2020 04:29
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memastikan, bahwa Trade Expo Indonesia 2020 akan digelar secara virtual. Hal itu disampaikan langsung dalam peluncuran resmi 'Trade Expo Indonesia Virtual Events 2020' (TEI-VE) di Kantor Kementerian Perdagangan, pada Senin (21/9/2020).
         Pada acara peluncuran tersebut, turut hadir pula berbagai pihak yang nantinya akan berpartisipasi dalam TEI-VE 2020, seperti Ketua KADIN Rosan Roeslani, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan, dan Project Manager TEI-VE Vibiadhi Swasti Pradana.
          Sebelumnya, agenda Trade Expo Indonesia 2020 ditunda karena pandemi COVID-19 yang belum mereda. Namun, Kemendag memutuskan bahwa pameran perdagangan terbesar di Asia Tenggara ini akan tetap dilaksanakan meski secara virtual.
         Menurut rencana, pameran perdagangan virtual pertama di Indonesia ini akan diselenggarakan pada 10-16 November 2020 dengan mengusung tema “Sustainable Trade the Digital Era” gambar tiga dimensi atau 3D.
       Selama tiga tahun sebelumnya, Trade Expo Indonesia selalu dilaksanakan di ICE BSD City, Tangerang. Maka dari itu, Kemendag telah memutuskan TEI akan dilaksanakan secara virtual dengan menggandeng Debindo sebagai pelaksana engineering.
        "Kita tidak boleh stop, artinya kita harus maju terus, makanya hari ini kita launching TEI-VE dengan harapan kita dapat memajukan ekspor kita," ujar Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto saat acara peluncuran resmi Trade Expo Indonesia Virtual Events 2020.
         Meski diadakan secara virtual 3D, namun pengunjung tetap dapat mendapatkan informasi lengkap mengenai produk yang terdapat di pameran tersebut. Selain itu, pengunjung juga tetap bisa melihat bentuk virtual dari produk yang ditawarkan dan dapat berkomunikasi dengan para eksibitor melalui fitur 'Live Chat'.
        Mendag berharap, para buyer potensial melihat bagaimana para produsen maupun seller ini bisa menjual produknya. Nantinya pameran virtual akan diresmikan oleh Bapak Presiden (Jokowi) pada 10 November 2020 bersamaan dengan penganugerahan penghargaan Primaniyarta pada eksportir berprestasi secara konsisten menjadi pahlawan ekspor di masa pada pandemi,” jelasnya.
       Di tengah pandemi COVID-19 ini kita memang tetap harus aktif dan berinovasi, tapi harus tetap melaksanakan protokol kesehatan COVID-19, maka mari kita bahu membahu, bergotong royong untuk membantu memajukan produk dan ekspor Indonesia. Pameran bertaraf internasional tersebut akan diikuti oleh sekitar 300 peserta yang termasuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).”Lanjut Agus”.
        Sementara itu, pada kesempatan yang sama Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional yang juga ketua pelaksana pameran TEI-VE Kasan menyampaikan bahwa acara ini sudah di sosialisasikan kepada para perwakilan RI dan perwakilan perdagangan diberbagai negara untuk mengundang sebanyak mungkin partisipasi para pembeli mancanegara.
       Pengunjung bisa berpartisipasi melalui akses www.tradexpoindonesia.com dan berkontribusi sebagai visitor lokal dengan cara registrasi untuk mengetahui apa yang ada di Trade Expo Indonesia 2020.