Title
Pelaku Usaha Perdagangan Agar Mendaftar untuk Mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB)
Ditulis oleh Aprisindo   
Senin, 20 Agustus 2018 04:06
Dalam rangka percepatan dan peningkatan penanaman modal dan berusaha, perizinan berusaha yang diterbitkan oleh kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah untuk memulai, melaksanakan, dan mengembangkan usaha, perlu ditata kembali agar menjadi pendukung dan bukan sebaliknya menjadi hambatan bagi perkembangan berusaha.      
      Penataan kembali dilakukan pada sistem pelayanan, dan regulasi sesuai dengan tuntutan dunia usaha, perkembangan teknologi, dan persaingan global. Penataan kembali sistem pelayanan dilakukan terutama pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Pelayanan PTSP pada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah disempurnakan menjadi lebih efisien, melayani, dan modern.
        Salah satu  yang paling tepat yang dilakukan pemerintah adalah penyediaan sistem Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission  OSS). Melalui OSS tersebut, pelaku usaha bisa melakukan pendaftaran dan mengurus penerbitan izin usaha dan penerbitan izin komersial atau operasional secara terintegrasi. Melalui OSS itu pula, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah menerbitkan perizinan berusaha yang diajukan oleh pelaku usaha.
         Sistem OSS (Online Single Submission) dalam  pelaksanaannya diatur dalam PP nomor 24 Tahun 2018 merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat, murah, dan memberi kepastian.
      Melalui OSS, pelaku usaha bisa mengurus perizinan baik melalui lembaga yang sejak lama menangani pengajuan perizinan berusaha maupun melalui system Online Single Submission di http:// oss.go.id. Layanan perizinan ini akan terintegrasi, khususnya dengan sistem Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM serta sistem Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Integrasi dibutuhkan untuk mengurus izin badan usaha dan Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP).
          Layanan OSS menjamin perizinan berusaha dapat diurus dalam waktu 1 jam. Bahkan, pelaku usaha atau investor bisa mengetahui langsung apakah mereka mendapat insentif dan jenis insentif apa yang didapat lewat sistem OSS.
          Pelaku usaha harus mendaftar untuk mendapatkan nomor induk berusaha sebelum melakukan proses pendaftaran melalui OSS yaitu melalui situs oss.go.id yang selanjutnya dengan meng in put beberapa data perusahaan maupun perorangan pada form yang disediakan, yang selanjutnya pelaku usaha akan menerima email berisi direct link untuk aktifasi akun OSS. Untuk selanjutnya pengaktifan akun OSS dan pelaku usaha akan menerina User-ID dan Password melalui email, untuk proses pendaftaran perizinan. (Sumber Kemenko Perekonomian)