Title
Road Map Industri Alas Kaki Tahun 2015-2019 Cetak Email
Ditulis oleh Aprisindo   
Senin, 07 September 2015 00:00
Dalam rangka meningkatkan daya saing dan pertumbuhan industri alas kaki (IAK) Nasional, Direktorat  Industri Kimia,  Tekstil,  dan  Aneka  Kementerian  Perindusterian membuat Roadmap Industri Alas Kaki Tahun 2015-2019. Roadmap ini akan menjadi acuan arah pengembangan industri alas  kaki  dalam  5  tahun  kedepan.  Dalam  roadmap  ini mencakup beberapa isu penting  permasalahan industri alas kaki dari berbagai aspek lainnya.

Beberapa aspek yang akan termuat dalam roadmap tersebut antara lain: Peta potensi dan strategi pemasaran Industri Alas Kaki, Peta dan strategi supply chain management IAK, Potret dan kebutuhan sarana dan prasaran IAK menuju IAK modern, Protret dan strategi pengembangan SDM Industri Alas Kaki, Potret  kebutuhan  teknologi  IAK, Potret dan kebutuhan regulasi, serta membangun kelembagaan dalam pengembangan IAK.  Diharapkan Roadmap ini nantinya bisa dijadikan acuan arah pengembangan IAK, menuju IAK Indonesia yang berdaya saing tinggi serta mengembalikan kejayaan IAK Indonesia menjadi nomor satu di dunia.

Untuk menyusun roadmap ini dilakukan serial focus group discussion (FGD) yang melibatkan stakeholder IAK, seperti dari Aprisindo Pusat, maupun Aprisindo Jawa Timur dan Jawa Barat, API, Asosiasi IKM, Pelaku Usaha IAK baik IKM maupun industri besar dari Jawa Barat dan Jawa Timur, trader, dll. Penyusunan roadmap sendiri difasilitasi oleh Universitas Ciputra Surabaya yang memiliki pusat kajian alas kaki.(R)