Title
Bandung Leather, Footwear Materials and Components Exhibition 2016 Cetak Email
Ditulis oleh Aprisindo   
Senin, 16 Mei 2016 00:00
Ketua DPD Aprisindo Jabar-Bandung terpilih Ibu Lily S. Herjati (tengah) foto bersama Sekjen Aprisindo Bapak Binsar Rarpaung, SH,MH (kiri), Bapak Dede Chandra (ketiga dari kanan) dan beberapa Tamu undangan lainnya setelah Musda III Aprisindo Jabar-Bandung

Merupakan inisiatif dari dunia usaha industri dan pengrajin alas kaki di bawah Aprisindo Jawa Barat untuk menyelenggarakan pameran material, komponen, kulit, dan alas kaki. Pameran ini diadakan oleh Aprisindo Jawa Barat-Bandung yang bersamaan dan merupakan bagian dari kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) Aprisindo Jawa Barat ke III. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 15-16 April 2016 bertempat di Gedung Graha Fortuna atau Gedung bekas SM, Jl. Soekarno-Hatta No.362 Bandung.

Meskipun dengan persiapan yang sangat singkat, tidak lebih dari tiga bulan, namun sebagai langkah awal kegiatan ini terbilang sukses, yakni diikuti oleh sekitar 60 perusahaan. Pameran tersebut mampu menarik animo pengunjung lebih dari 2000 orang, yang sebagian besar adalah para pelaku bisnis yang bergerak di bidang persepatuan dan barang-barang hasil kulit. Sebagian besar peserta merupakan perusahaan mesin, komponen, material, penyamakan kulit, dan beberapa perusahaan/pengrajin sepatu, tas, dan bahan olahan kulit lainnya yang berasal dari Bandung, Garut, Cianjur, dan dari Jakarta, bahkan ada dua perusahaan asing yang juga berpartisipasi yakni PT. Jahonero dan Perusahaan mesin dari China. Dalam kegiatan pameran tersebut juga dimeriahkan dengan fashion show, yang memamerkan design-design sepatu dari para pengrajin dan designer dari Bandung.

Suksesnya acara ini menunjukkan bahwa pelaku usaha juga mampu melakukan kegiatan pameran dengan inisiatif sendiri. Melihat suksesnya kegiatan ini, maka direncanakan akan dijadikan sebagai agenda tahunan oleh Aprisindo Jawa Barat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model penyelenggaraan pameran tahunan di Kota Bandung-Jawa Barat sebagai salah satu pusat industri dan kerajinan sepatu dan kulit. Kedepannya diharapkan target audiensnya lebih luas lagi, tidak hanya para pelaku bisnis, tetapi juga menjaring para konsumen sepatu, dengan memperbanyak bazar untuk masyarakat umum agar dapat membeli produk-produk hasil olahan kulit di tanah air. (R)

Peserta Pameran Bandung Leather, Footwear Material and Components Exhibition 2016 sedang menerima tamu yang sedang berkunjung ke Stand pameran