Asia Fashion Show (AFS) merupakan ajang pameran internasional, yang diselenggara-kan oleh Guangdong Qiya Exhibition Co., Ltd. AFS berperan untuk mendorong kolaborasi dan pertukaran industri mode Asia di tingkat global. Pameran AFS diselenggarakan pada tanggal 22-24 Agustus 2024 di JIExpo Kemayoran.
Sebagai pameran mode B2B, AFS menjadi titik pertemuan untuk tren mode dan inovasi terkini. Pameran ini mencakup lebih dari 30.000 m² dan diikuti oleh lebih dari 500 peserta pameran yang menampilkan berbagai produk mulai dari tas dan koper, alas kaki, pakaian, aksesori mode, hingga kecantikan dan perawatan pribadi. Ada 8 anggota APRISINDO, baik produsen alas kaki maupun bahan baku yang turut serta pada pameran Asia fashion Show, yaitu PT. GF. Indonesia, PT. Carvil Indonesia, PT. Anugerah Prima Perdana, PT. National Label, Handi Jaya, Dafid Iswaludin, Zyllan Leather dan Vonny Ellen Shoes.
Dalam sambutan pembukaan AFS, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey, menyatakan, Aprindo merasa terhormat dengan antusiasme luar biasa terhadap pameran ini, yang mencerminkan kerja sama dinamis antara Indonesia dan negara-negara lainnya, terutama dalam upaya meningkatkan ekspor. Pameran ini dapat menjadi ajang networking bagi pengunjung, membuka wawasan baru dalam dunia fashion.
Sementara menurut peserta pameran dari anggota APRISINDO, bahwa konsep dari pameran ini cukup menarik, dan untuk fasilitas maupun tempat yang disediakan pihak penyelenggara cukup bagus. Namun demikian yang menjadi kekurangannya adalah dari segi promosi atau mininnya informasi penyelenggaraan pameran AFS ini, sehingga jumlah pengunjung belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu kedepan agar promosi lebih diperkuat dan lebih luas.
Sementara CEO Guangdong Qiya Exhibition Co., Ltd., Mr. Yi Qiang, berharap bahwa integrase produk fashion antara China dan Indonesia tidak hanya akan memperkuat industri fashion dikedua negara tetapi juga meningkatkan hubungan pertukaran budaya secara keseluruhan.
Menurutnya, kolaborasi ini dapat mempererat hubungan bilateral antara China dan Indonesia, melampaui batasan industri fashion. Tujuan utama kami adalah mendorong pertukaran budaya antara kedua negara. Melalui pameran ini, interaksi produk fashion antara China dan Indonesia diharapkan dapat berkembang pesat, mendorong kebangkitan sektor fashion,” ujar Mr. Yi Qiang.
Diharapkan pameran ini memberikan manfaat nyata bagi para peserta, dan menjadi contoh sukses bagi penyelenggaraan event di masa depan, dengan dampak positif bagi ekonomi dan kesejahteraan semua pihak yang terlibat. (R)